MEMBUAT KOMPOS SECARA SEDERHANA


membuat kompos dari limbah rumah tangga

Membuat Kompos

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan hara bagi tanaman dalam usaha tani berbasis pertanian organik dapat dilakukan dengan membuat kompos secara sederhana. Sesuai konsep pertanian organik yaitu menekankan penggunaan bahan-bahan dari alam sehingga semua bahan yang digunakan dalam usaha tani (bertani) harus menggunakan bahan-bahan alami seperti daun, dedak dan kotoran hewan.

Salah satu elemen penting yang dibutuhkan tanaman adalah pupuk. Pupuk organik bisa didapatkan dari sisa tanaman dan kotoran hewan. Secara alami bahan-bahan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk terdekomposisi sehingga dapat dimanfaatkan oleh tanaman, oleh karena itu diperlukan proses atau perlakuan agar bahan-bahan tersebut lebih cepat terdekomposisi.

KOMPOS adalah bahan organik yang telah membusuk Karena proses fermentasi. Bahan organik ini bisa berasal dari sisa tanaman dan kotoran hewan atau campuran dari keduanya. Kompos sangat kaya nutrisi atau hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Membuat kompos dapat dilakukan secara sederhana dengan memanfaatkan limbah rumah tangga, sampah organik dan hijauan daun. Bahan baku membuat kompos relatif mudah diperoleh dari lingkungan sekitar rumah bahkan sisa limbah dapur yang berupa sisa sortiran sayur dan buah yang tidak dikonsumsi juga merupakan bahan baku kompos yang baik.

Berikut saya coba paparkan cara sederhana membuat kompos menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dari lingkungan sekitar dan mudah dipraktekkan dalam skala rumah tangga.

Dengan menggunakan bahan organik maka kita telah menghormati dan menjaga kelestarian alam beserta semua ekologi dan ekosistemnya. Berbeda dengan pupuk kimia dan bahan kimia lain, bahan organik memiliki kelebihan mudah diuraikan dan tidak meninggalkan residu atau racun yang berbahaya sehingga aman untuk kelestarian lingkungan. selain itu aplikasi pada tanaman pangan, buah dan hortikultura dari produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi.

Demikian sedikit informasi tentang membuat kompos secara sederhana semoga dapat diambil manfaatnya dan pintu selalu terbuka lebar untuk komentar, saran maupun kritik yang membangun dari anda yang telah berkunjung ke blog kami dan membaca artikel ini.

disusun dari berbagai sumber

, , , ,

  1. #1 by Bakron on 04/05/2014 - 2:59 am

    Ternyata simple bgt yaa… tak sesusah yg dibayangkan !!

    blog.bakron.web.id

    Like

  2. #2 by Aksesoris Mobil on 14/03/2013 - 9:55 am

    Good share gan. saya suka bercocok tanam. kalau bisa buat pupuk sendiri kayaknya lebih hemat. thanks.

    Like

  3. #3 by kasan on 20/02/2013 - 7:53 pm

    Artikel yang sederhana tapi sangat bermanfaat …..Ok banget

    Like

Kolom Komentar